Industri Manufaktur Memerlukan Laser Cutting

Laser Cutting, Dalam sebuah industri manufaktur selalu diperlukan alat pemotong untuk material yang diolah. Pada zaman dahulu orang memotong material tertentu menggunakan alat konvensional seperti gergaji, golok, cutter, dan sebagainya. Namun, saat ini telah ada alat pemotong material yang lebih modern, yakni laser cutting. Cutting Laser ini merupakan singkatan dari light amplification by stimulated emission of radiation.

Alat pemotong modern ini merupakan sebuah teknologi yang menggunakan kekuatan laser sebagai alat pemotong material. Alat ini seringkali digunakan oleh perusahaan manufaktur. Cara kerja laser cutting adalah dengan mengarahkan laser dengan kekuatan yang tinggi ke bagian material yang hendak dipotong. Untuk mengarahkan sinar laser agar tepat sasaran menggunakan bantuan komputer. Sinar laser yang muncul bisa dilihat dan bisa juga tidak terlihat oleh mata normal.

Ternyata mesin laser cutting ini terbagi menjadi tiga jenis, yakni CO2 laser, neodymium, dan Nd-YAG. Untuk mengetahui tentang cutting laser lebih lanjut, berikut ini penjelasan tentang jenis-jenis laser cutting.

Jenis-jenis Laser Cutting

  1. CO2 Laser, Jenis laser cutting yang pertama adalah CO2 laser. Laser cutting jenis ini sangat cocok untuk memotong, memahat, dan mengebor material tertentu. Bagi Anda yang ingin memotong, memahat, atau mengebor suatu material sebaiknya menggunakan cutting laser jenis CO2, karena hasilnya akan sesuai dengan keinginan.
  2. Neodymium (Nd), Jenis cutting laser yang selanjutnya adalah neodymium atau Nd. Jenis cutting laser yang satu ini sangat cocok digunakan untuk mengebor suatu material dengan kekuatan yang sangat besar. Dalam menggunakan cutting laser jenis neodymium memerlukan ketukan yang sangat minim.
  3. Neodymium Yttrium-Aluminium-Garnet (Nd-YAG), Jenis cutting laser yang satu ini bisa digunakan untuk mengerjakan berbagai kebutuhan, seperti memotong, mengukir, dan mengebor material. Kelebihan laser cutting jenis ini adalah bisa digunakan untuk memotong, mengukir, dan mengebor jenis material yang membutuhkan tenaga sangat besar.
laser cutting dengan pola ukir

laser cutting dengan pola ukir

Dengan berbagai jenis mesin cutting laser ternyata disertai dengan kegunaan yang berbeda-beda pula, sehingga Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Untuk Anda yang hendak membeli mesin laserr cutting sebaiknya memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu sebelum membelinya. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan saat hendak membeli mesin laser cutting.